Mengenai Saya

Foto saya
saya adalah seorang mahasiswa yang ingin meruba dunia pendidikan lebih baik lagi

Rabu, 20 Juli 2016

Saling Kuatkan Ukhuwah Basyariah Dan Ukhuwah Wathaniyah


    • Saling Kuatkan Ukhuwah Basyariah Dan Ukhuwah Wathaniyah

                    Ajaran agama islam yang sebenar-benarnya hanyalah yang ada dalam Al-Quran dan As-Sunah. Dia hanya satu, tetap dan tidak perna berubah, serta merupakan satu-satunya ajaran agama yang memiliki kebenaran mutlak. Dengan akidah kita dapat mengatahui bahwa Allah itu ada dan mempercayai-nya. Dengan syariah kita dapat taat menaati peraturan-peraturan  Allah. Dan denga tasawuf dapat kita rasakan  ke dalam batin kita dan mengenal Allah serta hanya kepadanya kita persembahkan amal ibadah kita dan sebagai pengentrol jiwa dan khusyuk kepadanya.

                  Aceh saat ini adalah sebuah negeri yang sedang berusaha mewujudkan  syariat islam secara menyeluruh (kaffah). Aceh diberikan otonomi khusus dalam bidang syariat islam, syariat islam yang dilaksanakan di Aceh adalah bagian dari sitem hukum nasional. Hukum syariat yang diupayakan pelaksanaannya di Aceh bukanlah bagian terpisah dari hukum nasional, tetapi menjadi bagian integral dari hukum nasional, yang diberlakukan secara khusus, pada wilayah yang khusus pula dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Otoritas hukum seperti ini adalah amanah konstitusi Republik Indonesia yang menghargai dan menghormati satuan-satuan masyarakat hukum yang memiliki kekhususan dalam karakteristik tersendiri.

                  Syariat islam yang sedang diwujudkan di Aceh dalam arti menyeluruh dan sempurna, tidak hanya dalam aspek ibadah, tapi juga muamalah, munakahah,jinayah,dusturiah,maliyah dan lain- lain. Seluruh kehidupan masyarakat Aceh harus berada di bawah naugan dan aturan-aturan syariat islam yang bersumber pada Al-Quran dan Al-Hadis.

                  Syariat islam yang diinginkan dapat mengatur seluruh sendi kehidupan, selain berisikan hukum dan aturan juga dapat menyelesaikan segalah permasalahan yang ada. Ini merupakan tanggung jawab kita semua sebagai pribadi muslim, dan mnjadi beban ganda bagi para ulama sebagai waratsatul ambiya. Ulama dengan ilmu kesalehanya sesuai dengan ajaran Allah Swt. Dalam kaitan mujakarah dan silaturrahmi ulama menjadi penting, dalam rangka melahirkan sejumlah pemikiran dan upaya demi membumikan syariat Allah di bumi Aceh Darusalam.

                  Kunci tegaknya masyarakat ada dua yaitu yang petama ulama, kedua umara (pemerintah). Antara pemerintah dan ulama harus saling bersinergi agar  syariat Islam di bumi serambi mekkah ini. Kita menyadari bahwa syariat Islam ini sangat mungkin kita wujudkan di Aceh, karena dari faktor sejarah terungkap bahwa Aceh perna mencapai kejayaan yang gemilang sekitar abat 16 dan 17 yang ketika itu kerajaan Aceh Darusalam menerapkan syariat Islam secarah kaffah. Syariat Islam adalah spirit  atau kekuatan untuk mendorong umatnya untuk maju, hidup gemilang dan penuh peradaban. Disinilah kita merasakan betapa pentingnya muzakarah dan siraturrahmi para ulama.

                  Dari siraturrahmi dan muzakarah ini diterapkan akan lahir pemetaan problem dan tantangan yang dihadapi masyarakat dan pemerintah Aceh dalam mewujudkan syariat Islam. Muzakarah ulama juga diharapkan mampu memberikan jalan yang tepat  untuk ditempuh oleh masyarakat dan pemerintah Aceh dalam mengupayakan perwujudan syariat Islam. Pemerintah aceh akan berkomitmen untuk melaksanakan sejumlah rekomendasi yang mungkin dihasilkan dalam silaturrahmi dan muzakarah ini.

                  Kita berharap muzakarah dan siraturrahmi ini akan terus memperkuat uhkwah islamiah kita, syariat Islam akan tegak,  jika ukhuwah dan kebersamaan terus kita pelihara dan kita jaga. Ukhuwah ini menjadi amat penting dalam menata kehidupan berbangsa dan bernegara. Negara akan kuat, makmur adil dan sejahtrah bila bangsa bersatu yang diikat oleh ukhuwah basyariah dan ukhuwah wathaniyah.

                  Kesempatan ini hendaknya digunakan sebaik-baiknya mengigat kegiatan ini sangat positif untuk diterapkan dalam kehidupan kita, selanjudnya diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan keimanan, ketakwaan kita terhadap Allah Swt dan nilai-nilai ibadah terutama dalam hal mempertahankan amal ibadah, serta kita selalu dalam lindunggan Allah Swt yang maha pengasi lagi maha penyayang.

       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mahasiswa PBSID STKIP BBG Mengikuti RAKERNAS HIMABSII ke 5 di Bali

Mahasiswa PBSID STKIP BBG Mengikuti RAKERNAS HIMABSII ke 5 di Bali ...